Pengenalan Model atau Jenis Warna pada Desain Grafis

Pengenalan Model atau Jenis Warna pada Desain Grafis

Baca Juga

Advertidement
Halo Sobat Pada artikel saya kali ini saya akan membahas tentang model atau jenis warna pada Program Desain. Pada Dasarnya di Program Desain Memiliki 2 Jenis Warna Yaitu RGB dan CMYK.

RGB adalah suatu model warna yang terdiri atas 3 buah warna: merah (Red), hijau (Green), dan biru (Blue), yang ditambahkan dengan berbagai cara untuk menghasilkan bermacam-macam warna. Kegunaan utama model warna RGB adalah untuk menampilkan citra / gambar dalam perangkat elektronik, seperti televisi dan komputer, walaupun juga telah digunakan dalam fotografi biasa. Sebelum era elektronik, model warna RGB telah memiliki landasan yang kuat berdasarkan pemahaman manusia terhadap teori trikromatik.

CMYK adalah proses pencampuran pigmen yang lazim digunakan percetakan. Tinta process cyan, process magenta, process yellow, process black dicampurkan dengan komposisi tertentu dan akurat sehingga menghasilkan warna tepat seperti yang diinginkan. Bahkan bila suatu saat diperlukan, warna ini dengan mudah bisa dibentuk kembali.

Untuk Proses Warna CMYK Ini biasanya di Gunakan Untuk Proses Cetak Seperti Print, Cetak Surat Kabar, brosur, Banner dll.
Pengenalan Model atau Jenis Warna pada Desain Grafis

Pada proses desain kita harus bisa memilih jenis warna yang tepat sasaran apakah kita hanya membuat desain sebagai visual seperti membuat desain web, banner untuk web, atau untuk video maka kita bisa menggunakan mode RGB. lain halnya jika hasil desain kita akan digunakan untuk cetak maka kita menggunakan mode cmyk.

Mungkin bisa mode warna yang sudah ada kita convert atau pindahkan ke warna lain misalnya kita convert warna RGB menjadi CMYK menggunakan Photoshop tapi hasil warna akan turun drastis dan tampilan tidak akan sesuai seperti apa yang kita inginkan

Nah dengan penjelasan Artikel di atas sekarang kamu bisa menentukan mode warna mana yang perlu di gunakan sebelum kamu membuat desain.
Advertidement

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Jangan Komentar Spam Ya.. Karena Aku akan memfilter semua komentar yang masuk. Centang "Notify Me" Untuk mendapatkan respon melalui email