Cara Membuat File Baru Di Photoshop

Cara Membuat File Baru Di Photoshop

Baca Juga

Advertidement
Kali ini saya akan memberikan Tutorial Bagaimana cara membuat dokumen baru di photoshop seperti yang kita tahu bahwa saat akan membuat desain di photoshop pertama kali kita harus membuat dokumen baru nah mungkin jika kamu belum familiar dengan adobe photoshop atau baru pertama kali kamu belajar photoshop kamu akan bigung tapi tenang saja saya akan menjelaskan detail bagaimana membuat dokumen baru.

Dalam membuat desain kita tidak boleh asal asalan dalam membuat desain karena nanti akan berakibat kualitas desain kurang baik, Nah salah satunya adalah menentukan dokumen atau canvas untuk kita membuat sebuah desain.

Cara Membuat File Baru Di Photoshop
Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan dalam membuat sebuah dokumen baru yaitu Ukuran, Resolusi, Jenis Warna.

Ukuran
Sebelum kita membuat desain ada baiknya kamu harus tau ukuran desain yang akan di buat karena ketika kita salah membuat ukuran dan saat desain sudah jadi kamu harus merubah ukuran ini akan membuat desain kamu tidak proporsional sehingga kamu harus menyusun ulang desainnya dan itu akan menjadi 2 kali kerja.

Resolusi
Resolusi akan berpengaruh pada kualitas desain karena ketika kamu akan membuat Print out dengan ukuran besar namun yang desain yang kamu buat memiliki resolusi rendah maka kualitas gambar akan pecah. Maka dri itu kamu harus sesuaikan resolusinya.

Jenis Warna
Di Photoshop kamu bisa memilih beberapa jenis warna antara lain Bitmap, Grayscale, RGB, CMYK, lab color. Biasanya desain lebih banyak menggunakan jenis warna RGB atau CMYK. Jenis warna RGB biasanya hanya di gunakan sebagai desain Visual saja seperti banner untuk web atau desain presentasi, Kalau CMYK biasanya digunakan untuk cetak seperti banner digital, Spanduk dll.

Nah Sekarang bagaimana cara membuat dokumen baru di photoshop?
Cara Membuat File Baru Di Photoshop

Setelah kamu membuka photoshop pilih menu File > New  Nah maka akan muncul Kotak dialog dan berikut penjelasannya
Cara Membuat File Baru Di Photoshop

Name : Untuk membuat nama file yang akan kamu buat
Preset : Untuk memilih jenis ukuran yang kemudian di bawahnya ada ukuran sesuai kertas seperti A4, A5, Letter dll dan kalau kamu ingin menggunakan ukuran sendiri maka ubah presetnya menjadi Custom
width : Lebar ukuran desain disini kamu bisa menentukan ukuran jikan kamu pilih  Custom pada Opsi preset.
Height : Tinggi Desain
Resolution : Nah biasanya untuk ukuran A4 akan memiliki resolusi 300 pixel/Inch
Color Mode : Nah sesuai penjelasan saya di atas kamu bisa memilih jenis warna sesuai kegunaan desain kamu

Jika Sudah klik Ok maka dokumen kamu sudah jadi dan sekarang kamu bisa membuat desain yang kamu inginkan

Oke sampai disini dulu tutorial yang saya berikan mudah mudahan bermanfaat dan bisa kamu praktekan dirumah dan nanti kita akan lanjutkan ke tutorial membuat desainnya ya maka dari itu jangan lupa untuk subscribe blog saya di www.ediprasetyo.com
Advertidement

Related Posts

No comments:

Post a Comment

Jangan Komentar Spam Ya.. Karena Aku akan memfilter semua komentar yang masuk. Centang "Notify Me" Untuk mendapatkan respon melalui email